Kegiatan Evaluasi Tahun Akademik 2020/2021 dan Perencanaan Tahun Akademik 2021/2022
1. Penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED)
Kegiatan ini sudah dilakukan oleh seluruh satuan kerja di IDIA sejak tahun akademik 2019/2020, sebagai salah satu bentuk pertanggungjawaban kerja. Evaluasi diri ini merupakan upaya sistematik untuk menghimpun dan mengolah data dan fakta menjadi informasi yang handal dan sahih, sehingga dapat disimpulkan kondisi yang benar. Evaluasi diri ini tidak semata-mata bertujuan untuk mengukur kinerja, namun juga sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja Pengelola IDIA. Pengumpulan data dan fakta merupakan hal yang sangat penting dalam proses penyusunan Laporan Evaluasi Diri (LED). Kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tahapan berikut:
- Pengarahan dan penyebaran informasi tentang penyusunan LED dan batas waktu pengumpulannya.
- Penyusunan LED seluruh satuan kerja di IDIA
- Pengumpulan LED kepada Sekretariat Rektorat/Panitia untuk didistribusikan kepada atasan/pembina masing-masing satuan kerja.
- Review dan analisa LED oleh atasan/pembina dengan menggunakan teknik analisa SWOT
- Rapat tinjauan manajemen (RTM) untuk menindaklanjuti temuan dan merencanakan tindak lanjut pada tahun berikutnya.
2. Pengisian form Survey
Survey ini dilakkukan untuk mengukur kinerja pengelola IDIA berdasarkan evaluasi diri dan rencana kedepan, penilaian oleh atasan untuk bawahan dan penilaian bawahan untuk atasan. Data yang terhimpun dari survey ini akan menjadi salah satu dasar dalam penentuan penempatan pengelola IDIA pada tahun berikutnya. Tahun ini form survey dibuat menggunakan fasilitas google form, kedepan survey ini terintegrasi di SIMASTER. Kegiatan ini dilakukan dengan beberapa tahapan berikut:
- Penyusunan form manual survey oleh LPM untuk disetujui oleh Pimpinan IDIA
- Tim teknologi dan informasi IDIA membuat form survey di google form
- Pendistribusian form, daftar penilai dan pengelola yang harus dinilai oleh masing-masing pengelola
- Pengisian form oleh pengelola IDIA
- Rekap hasil form oleh tim teknologi informasi IDIA untuk dilaporkan kepada Rektor
- Pemanfaatan hasil pengisian form oleh Rektorat untuk penempatan pengelola IDIA pada tahun berikutnya
3. Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) lima tahunan dan Rencana Operasional (Renop) tahunan
Penyusunan Renstra dan Renop merupakan salah satu ucapaya pencapaian visi misi IDIA dalam agenda kerja yang terukur. Renstra dan renop disusun berdasarkan Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) IDIA, statuta dan dokumen rujukan dari pemerintah lainnya, terutama Kementerian Pendikan dan Kebudayaan RI, Kementerian Agama RI, dan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).
Renstra yang akan akan disusun tahun ini adalah renstra untuk tahun 2021-2025 yang didalamnya sudah termasuk rencana operasional tahunan yang memuat data kuantitatif dan kualitatif yang harus dicapai pada setiap tahun. Penyusunan renstra dan renop dilakukan dengan tahapan berikut:
- Pengarahan dan penyebaran informasi tentang penyusunan renstra dan renop serta batas waktu pengumpulannya.
- Penyusunan renstra dan renop seluruh satuan kerja di IDIA. Tahun ini difokuskan pada prodi dan fakultas, jika satuan kerja lain akan membuat, sangat diharapkan, untuk menjadi renstra dan renop institusi, dengan pola kombinasi bottom up dan top down.
- Pengumpulan renstyra dan renop kepada Sekretariat Rektorat/Panitia untuk didistribusikan kepada atasan/pembina masing-masing satuan kerja.
- Review dan analisa Renstra dan Renop oleh atasan/pembina besama LPM untuk ditinjau kesesuaiannya dengan sumber rujukan
- Pleno Renstra dan Renop untuk disahkan dan dilaksanakan.
4. Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan (RKAT) Tahun Akademik 2021/2022
Rencana kerja dan anggaran ini disusun berdasarkan renstra dan renop serta kegiatan lainnya yang menunjang tridharma PT. Dengan tahapan berikut:
- Pengarahan tentang mekanisme pembuatan dan penyebaran informasi tentang RKAT serta batas waktu pengumpulannya.
- Penyusunan RKAT satuan kerja di IDIA. Tahun ini diharapkan sudah membuat RKAT
- Pengumpulan RKAT kepada Sekretariat Rektorat/Panitia untuk didistribusikan kepada atasan/pembina masing-masing satuan kerja, LPM, BAUK dan Warek II.
- Review dan RKAT oleh atasan/pembina, LPM, BAUK dan Warek II.LPM untuk ditinjau kesesuaiannya dengan sumber rujukan
- Pleno RKAT untuk disahkan dan diamanahkan kepada pengelola tahun akademik berikutnya.
5. Pembukaan Tahun Akademik 2021/2022
Pembukaan tahun akademik setiap bulan Syawal, merupakan penanda dimulai kegiatan akademik IDIA. Khusus tahun ini tahapan pembukaan tahun akademik dilaksanakan dengan tahapan berikut:
- BAAK mengangket dosen untuk penentuan mata kuliah permanen yang akan diajarkan pada tahun akademik 2021/2022 dan seterusnya.
- Dosen mengisi angket penentuan mata kuliah yang akan diajarkan.
- BAAK menentukan pemateri matakuliah institusi berdasarkan hasil angket dan mendistribusikannya kepada prodi untuk diploting dan disesuaikan dengan beban mengajar pada setiap prodi berdasarkan.
- BAAK dan prodi memploting jadwal
- Fakultas mengirim Surat Tugas Mengajar dan Informasi penyusuan rencana pembelajaran semester (RPS), rencana pembelajaran mingguan (RPM), rencana tugas, dan rencana penilaian untuk diunggah di SIMASTER guna divalidasi oleh Prodi
- Dosen menyusun rencana pembelajaran semester (RPS), rencana pembelajaran mingguan (RPM), rencana tugas, dan rencana penilaian untuk diunggah di SIMASTER guna divalidasi oleh Prodi
- Rapat Dosen Lengkap menjelang pembukaan akademik
- Pembukaan tahun akademik 2021/2022 dan permulaan perkuliahan
6. Orientasi Mutu IDIA
Kegiatan ini diharapkan sebagai salah satu upaya penyamaan visi tentang penjaminan mutu bersama seluruh fungsionaris IDIA. Dengan materi :
- Penjaminan Mutu dan Rencana Pengembangan IDIA ke Depan disampaikan oleh Rektor
- Kondisi terkini Penjaminan Mutu IDIA disampaikan oleh LPM
- Best Practice SPMI dan Kebijakan Pemerintah terkini
7. Tautan dan Unduhan
- LED Prodi: http://bit.ly/templatelaporankinerjadanevaluasiprodi
- LED Satker: http://bit.ly/templatelaporankinerjadanevaluasiunitkerja
- Angket Mata Kuliah: http://idia.ac.id/mengajar-2021/ atau https://forms.gle/xsc1ZAv5G6TaQit2A
- Penyusunan RKAT : ……
AGENDA
EVALUASI KEGIATAN TAHUN AKADEMIK 2020/2021
DAN PERSIAPAN PEMBUKAAN TAHUN AKADEMIK 2021/2022
INSTITUT DIROSAT ISLAMIYAH AL-AMIEN PRENDUAN SUMENEP
Tahun 2021
No | Tanggal | Waktu | Uraian Kegiatan | P. Jawab | Tempat |
Maret 2021 (Rajab-Sya’ban 1442) | |||||
1 | 06/03/21 | Pagi | Rapat Koordinasi dan Penyebaran instruksi Rektor | Panitia | Meeting Room |
2 | 06-11/03/21 | — | Penulisan LED pengelola IDIA | Pengelola | — |
3 | 06-11/03/21 | — | Pengisian form evaluasi diri pengelola, penilaian terhadap staf dan atasan | Pengelola | — |
4 | 6-11/3/21 | — | Pengisian form pendataan mata kuliah dosen | Dosen | — |
5 | 10/03/21 | Pagi | Orientasi Mutu IDIA | LPM | Meeting Room |
6 | 12/03/21 | Siang | Pengumpulan LED dari pengelola | Panitia | Sekret Rektorat |
7 | 12/03/21 | — | Akhir pengisian form evaluasi diri pengelola, penilaian terhadap staf dan atasan | Pengelola | — |
8 | 12-15/03/21 | — | Review LED oleh pembina masing-masing satuan kerja | Pembina/Atasan | — |
9 | 15/03/21 | Pagi | Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) dan Pengarahan penyusuan Renstra, Renop, Agenda Kerja dan Anggaran Tahunan | Panitia | Meeting Room |
10 | 15/03/21 | Siang | Laporan hasil pengisian form evaluasi diri pengelola, penilaian terhadap staf dan atasan | Panitia | Sekret Rektorat |
11 | 25/3/21 | — | Penentuan pemateri makul institusi dan mendistribusikan hasil angket kepada prodi | BAAK | — |
12 | 25/3/21 s.d 06/04/21 | — | Penyusunan Renstra, Renop, Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan | Pengelola | — |
April 2021 (Sya’ban-Romadlan 1442) | |||||
13 | 06/04/21 | Siang | Pengumpulan Renstra, Renop, Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan | Panitia | Rektorat |
14 | 06-08/04/21 | — | Review Renstra, Renop, Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan | Pembina Satker, Warek II, LPM dan BAUK | — |
15 | 08/04/21 | Pagi | Pleno Renstra dan Renop 2021-2025 | Panitia | Meeting Room |
16 | 10/04/21 | Pagi | Pleno Rencana Kerja dan Anggaran Tahun Akademik 2021/2022 | Panitia | Meeting Room |
17 | Awal Romadlan | — | Penyusunan Fungsisonaris IDIA tahun akademik 2021/2022 | Rektorat | Rektorat |
16 | 23-26/4/21
(11-14 Romadlan) |
Siang | Plotting Jadwal BAAK dan Prodi | BAAK & Fakultas | Meeting Room |
17 | Setelah Rapat Yayasan | — | Pemanggilan dan penyerakan SK Fungsionaris IDIA dan Tupoksinya | Rektorat | Rektorat |
18 | Setelah Rapat Yayasan | Siang | Rapat Kerja dan Buka Puasa Bersama Fungsionaris IDIA tahun akademik 2021/2022 | Panitia | Meeting Room |
19 | 27/4/21
(15 Romadlan) |
Siang | Pengiriman surat tugas mengajar dan informasi penyusunan dokumen pengajaran untuk diunggah di simaster | Fakultas | — |
Mei 2021 (Romadlan – Syawal 1442) | |||||
20 | 2/5/21
(20 Romadlan) |
Siang | Penyebaran Surat Edaran BAAK tentang Kegiatan Akademik Semester Ganjil TA. 2021/2022 | BAAK | Web IDIA dan SIMASTER |
21 | 19-27/5/21
(7-15 Syawal) |
— | Masa KRS mahasiswa dan valiadasi oleh Dosen Pembimbing Akademik | Mahasiswa dan Dosen PA | SIMASTER |
22 | 26/4/21 s.d 25/5/21
(14 Romadlan s.d 13 Syawal) |
— | Penyusunan dokumen pengajaran: rencana pembelajaran semester (RPS), rencana pembelajaran mingguan (RPM), rencana tugas, dan rencana penilaian dan mengunggah di SIMASTER guna divalidasi oleh Prodi | Dosen | — |
23 | 26 Mei 2021
(14 Syawal) |
Pagi | Serah Terima Jabatan Rektor dan Rapat Lengkap Dosen menjelang Pembukaan tahun akademik 2021/2022 serta Launching Gedung Pertemuan IDIA | Panitia | Lantai 3 Rektorat |
24 | 27 Mei 2021
(15 Syawal) |
Siang | Pembukaan tahun akademik 2021/2022 | BAAK | Lantai 3 Rektorat |
25 | 31 Mei 2021 | — | Laporan pertanggungjawaban Panitia | Panitia | — |
26 | — | — | Perencanaan Amandemen Statuta IDIA | Rektorat | — |