Suport Sektor Pertanian Gunung Rancak, P2M IDIA Prenduan Adakan Seminar dan Pelatihan Tanaman Hidroponik
Suport Sektor Pertanian Gunung Rancak, P2M IDIA Prenduan Adakan Seminar dan Pelatihan Tanaman Hidroponik
Kam, 25 November 2021 2:23
f8bbe05f-b5f2-4244-b7e3-fdd16fdc4a96

Praktik Pemberdayaan Masyarakat (P2M) IDIA Prenduan Gelar Seminar dan Pelatihan Tanaman Hidroponik di desa Gunung Rancak Kecamatan Robatal Sampang, Kamis(25/11/2021)

Mengingat lokasi P2M IDIA Prenduan tersebut berlokasi di desa Gunung Rancak, diharapkan memberikan sumbangsih baru terhadap perkembangan maupun kemakmuran desa. Baik secara pendidikan maupun aset yang mesti dikembangkan.

Sekretaris Desa Gunung Rancak, Ahmad Fauzan menyampaikan bahwasanya kegiatan tersebut diharapkan membuka wawasan baru bagi para masyarakat desa Gunung Rancak khususnya para petani yang saat ini turut berantusias mengikuti seminar dan Pelatihan Tanaman Hidroponik.

“Kami dari desa sangat berterima kasih sekali pada temen-temen P2M yang telah mengadakan pelatihan tanaman Hidroponik yang mayoritas warga sini memang Petani agar memberikan ilmu baru yang dapat di kembangkan nanti dikemudian hari,” sambutnya.

Beliau juga berharap para petani dapat mempraktekkannya”Selain memberi ilmu baru nantinya dapat mencetuskan inovasi baru dari sektor pertanian di desa Gunung Rancak  yakni dengan tanaman hidroponik, agar para petani tidak lagi hanya menanam itu-itu aja tidak ada perkembangan,” imbuhnya.

Pembina P2M Kelompok II, Moh Rohis juga menyampaikan bahwasanya kedatangan temen-temen Mahasiswa P2M IDIA Prenduan ialah untuk memenuhi tugas kampus untuk persyaratan memperoleh gelar Sarjana Strata Satu (S1).”Semoga kedatangan kami memberikan sungbangsih baru, memberikan manfaat bagi masyarakat desa Gunung Rancak,” ujarnya.

“Agar tidak rugi, jangan sampai habis pelatihan ini, tidak dipraktekkan ataupun diamalkan di tempat masing-masing oleh antum-antum sekalian terutama para kelompok tani,” imbuhnya.

“Tanaman Hidroponik saat ini sudah banyak yang sudah menggunakannnya terutama di kota-kota pada lahan-lahan terbatas,” sambung Moh Muhajir Fadoli selaku pemateri Seminar dan Pelatihan Tanaman Hidroponik.

“Tanaman saat ini juga bisa ditanam tanpa ditanam langsung pada tanah, melainkan bisa juga  memanfaatkan air sebagai medianya,” tukasnya. (ubai)

Warta IDIA

Komentar

Tidak ada komentar

Tulis Komentar

Artikel Lainnya

WhatsApp Image 2024-09-17 at 20.51.32 (1)
Terbaru
Ummi Kulsum Raih Penghargaan Bes...
UNIA Prenduan - Ummi Kulsum, mahasiswi Program Studi Perbankan Syariah Universitas Al-Amien Prend...
17 September 2024
3 hari
WhatsApp Image 2024-09-12 at 07.28.20
Terbaru
Pembukaan Tasyakuran Milad ke-41...
Prenduan, 6 September 2024 – Universitas Al-Amien Prenduan merayakan Milad ke-41 dengan tema "Men...
6 September 2024
2 minggu
Ni
Terbaru
Mahasiswi Universitas Al-Amien P...
UNIA Prenduan - Institut Islam Hadhari UKM kembali menggelar konferensi Internasional “Virtual Su...
27 Agustus 2024
3 minggu