Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Al-Amien Prenduan oleh Tim Asesor LAMDIK
Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Al-Amien Prenduan oleh Tim Asesor LAMDIK
Jum, 21 Juni 2024 8:36
UIA09605

Prenduan, 21 Juni 2024 – Universitas Al-Amien Prenduan kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan akreditasi Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan menyambut asesmen lapangan dari tim asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK). Kegiatan asesmen lapangan ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari, mulai hari ini hingga 22 Juni 2024, dengan target mencapai akreditasi unggul.

Tim asesor dipimpin oleh Prof. Dr. Ikhrom, M.Ag., akademisi berpengalaman dari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, dan Dr. Nur Kholk Afandi, M.Pd. Asesmen lapangan ini merupakan bagian dari upaya untuk memastikan kualitas dan akuntabilitas Prodi PAI Fakultas Tarbiyah Universitas Al-Amien Prenduan.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Muhtadi Abdul Mu’ni’im, M.A., menyatakan rasa antusiasmenya terhadap asesmen lapangan ini. “Asesmen lapangan oleh Prof. Dr. Ikhrom, M.Ag. dan timnya merupakan kesempatan emas bagi kita semua. Kami berharap asesmen ini dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa dan dosen di Universitas Al-Amien Prenduan,” ujarnya.

Prof. Dr. Ikhrom, M.Ag. menegaskan dalam sambutannya bahwa kehadiran tim asesor sesuai dengan rencana dan tujuan yang telah ditetapkan. “Kedatangan tim dari LAMDIK bertujuan untuk mengungkap data yang akurat dan benar, tanpa adanya kebohongan. Semua tindakan yang dilakukan akan dipertanggungjawabkan. Kami akan melakukan cross-check untuk memastikan bahwa nilai yang kurang kemarin dapat terisi hari ini. Hari ini, kami akan melakukan konfirmasi dan evaluasi data, baik dari internal (mahasiswa dan dosen) maupun eksternal (alumni tiga tahun terakhir). Pengguna yang disiapkan hari ini adalah microteaching dengan menggunakan teknologi yang ada. Jika hari ini bisa terlaksana, besok mungkin tidak sampai jam 12 sudah bisa selesai,” jelas Dr. Ikhrom.

Dr. Nur Kholk Afandi, M.Pd., sebagai anggota tim asesor, melakukan wawancara mendalam dengan mahasiswa PAI dan alumni PAI Universitas Al-Amien Prenduan. Wawancara ini bertujuan untuk menggali lebih dalam keterlibatan dan kontribusi mereka terhadap perkembangan program studi. Temuan dari wawancara ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai kualitas pendidikan dan dampak program studi terhadap lulusannya.

Dengan adanya asesmen lapangan ini, Universitas Al-Amien Prenduan berharap dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memperluas jaringan kerjasama. Asesmen lapangan ini juga diharapkan dapat memberikan pandangan yang objektif dan konstruktif mengenai berbagai aspek penyelenggaraan program studi, sehingga dapat mendorong perbaikan berkelanjutan.

Peningkatan akreditasi ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhi standar nasional dan internasional, tetapi juga untuk memastikan bahwa lulusan Prodi PAI memiliki kompetensi yang unggul dan siap bersaing di dunia kerja. Kegiatan asesmen ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi seluruh civitas akademika Universitas Al-Amien Prenduan untuk terus berinovasi, meningkatkan kualitas pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Warta IDIA

Komentar

Tidak ada komentar

Tulis Komentar

Artikel Lainnya

WhatsApp Image 2024-07-17 at 15.46.42
Terbaru
Raih Akreditasi “Unggul”, Progra...
Universitas Al-Amien Prenduan berhasil meraih peringkat akreditasi unggul untuk Program Studi Pen...
17 Juli 2024
5 hari
DSC07943
Terbaru
Seminar Literasi Keuangan dan Be...
Pada Kamis, 16 Juli 2024, Universitas Al-Amien Prenduan menyelenggarakan sebuah acara di Lt. III ...
16 Juli 2024
5 hari
WhatsApp Image 2024-07-16 at 20.17.00
Terbaru
Kuliah Tamu di Universitas Al-Am...
Pada (15/07/24), bertempat di Lt. III Gedung Rektorat Universitas Al-Amien Prenduan, Prof. Dr. Yu...
16 Juli 2024
5 hari