IUP IDIA Prenduan Melakukan Ekspansi Big Network ke Lembaga Zakat Selangor Malaysia
IUP IDIA Prenduan Melakukan Ekspansi Big Network ke Lembaga Zakat Selangor Malaysia
Sab, 14 Oktober 2023 8:12
ini)

Senin, 9 Oktober 2023, Peserta International Undergraduate Program (IUP) IDIA Prenduan melakukan Ekspansi Big network ke salah satu lembaga zakat di Malaysia, tepatnya di Lembaga Zakat Selangor. Peserta yang turut serta berjumlah 10 orang, dengan 3 laki-laki dan 7 perempuan.

Lembaga Zakat Selangor merupakan satu-satunya lembaga zakat di bawah naungan kesultanan Selangor, dimana ia memiliki dua fungsi yakni sebagai kutipan (Pengumpulan) dan agihan (Penyaluran) zakat. Adapun kelebihan dari program kutipan ini bagi warga selangor ialah pembayaran cukai (pajak) akan dikurangi setelah membayar zakat. Sedangkan untuk agihan disalurkan melaui berbagai program diantaranya pembangunan sosial, pembangunan ekonomi, pembangunan pendidikan, pembangunan Institusi Agama dan pembangunan Insan.

Visi dari LZS ialah menjadi peneraju institusi zakat yang mengamalkan piawaian pengurusan setanding dengan peringkat global. Adapun misinya yaitu mmeberi perkhidmatan kepada umat islam dengan penuh Integriti dan profesionalisme dalam urusan kutipan dan agihan zakat. Sedangkan Objektifnya ialah memperkasa pengurusan zakat, memaksimalkan kutipan zakat dan meningkatkan keberkesanan agihan zakat. Hal ini sesuai yang dipaparkan oleh Puan Azuwadaniseh selaku ketua devisi sumber manusia pada saat melakukan Focus Group Discussion (FGD) “Lembaga Zakat Selangor merupakan satu-satunya lembaga di negeri selangor yang mengurus dan menangani urusan zakat serta menyediakan berbagai keperluan warga selangor yang tergolong asnaf melalui beberapa program unggulan kami”.

Dengan objektifitas yang dilakukan oleh LZS, mereka membaginya ke dalam dua golongan yakni muqaddim (Golongan asnaf yang diutamakan) seperti Fakir, miskin dan muallaf. Sedangkan golongan kedua yaitu Muakhir (Golongan asnaf lainnya seperti amil, gharim, fisabilillah, Riqob dan Ibnu Sabil). Di akhir FGD Puan Azuwadaniseh menyatakan bahawasanya “Saya selaku ketua difisyen sumber manusia mengalualukan kedatangan Mahasiswa Amali dari Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan dengan memberikan fasilitas terbaik dalam proses belajar” yang kemudian dilanjutkan dengan penukaran kenang-kenangan ataupun cenderamata anatar kedua belah pihak serta sesi foto bersama.

Warta IDIA

Komentar

Tidak ada komentar

Tulis Komentar

Artikel Lainnya

WhatsApp Image 2024-07-17 at 15.46.42
Terbaru
Raih Akreditasi “Unggul”, Progra...
Universitas Al-Amien Prenduan berhasil meraih peringkat akreditasi unggul untuk Program Studi Pen...
17 Juli 2024
5 hari
DSC07943
Terbaru
Seminar Literasi Keuangan dan Be...
Pada Kamis, 16 Juli 2024, Universitas Al-Amien Prenduan menyelenggarakan sebuah acara di Lt. III ...
16 Juli 2024
5 hari
WhatsApp Image 2024-07-16 at 20.17.00
Terbaru
Kuliah Tamu di Universitas Al-Am...
Pada (15/07/24), bertempat di Lt. III Gedung Rektorat Universitas Al-Amien Prenduan, Prof. Dr. Yu...
16 Juli 2024
5 hari